1. Manajemen Strategi bagi Layanan TI
Tujuan dari proses ini adalah membangun strategi
bagi layanan TI yang akan dikembangkan meliputi penawaran penyediaan layanan,
kemampuan dan potensi perkembangan layanan TI. Proses ini juga bertanggung
jawab guna memastikan pelaksanaan strategi.
2. Manajemen Portofolio Layanan (Service
Portofolio Management)
Tujuan dari proses ini adalah mengelola
portofolio layanan, memastikan layanan yang dibangaun sesuai dengan kebutuhan
bisnis dan investasi layanan.
3. Manajemen Permintaan / Kebutuhan
Tujuan dari proses ini adalah melakukan
identifikasi terhadap permintaan dan kebutuhan layanan serta menentukan
kapasitas layanan untuk memenuhi permintaan.
4. Manajemen Keuangan bagi Layanan TI
Tujuan dari proses ini adalah untuk
mengelola finansial penyedia layanan, mengelola proses akutansi dan keuntungan
layanan.
5. Manajemen Hubungan Bisnis
Tujuan dari proses ini adalah untuk
membangun hubungan positif dengan pelanggan dan mengidentifikasi kebutuhan
pelanggan yang potensial sehingga dapat menyediakan layanan yang sesuai dengan
kebutuhan pelanggan.
Referensi :
- Cartlidge, A., Hanna, A., Rudd, C., Macfarlane, I., Windebank, J., & Rance, S. (2007). A high-level overview of the IT INFRASTRUCTURE LIBRARY. An Introductory Overview of ITIL® V3, 1(1). Ditemukenali 13 Maret 2013, dari http://www.best-management-practice.com/gempdf/itsmf_an_ introductory_overview_of_itil_v3.pdf
- Orand, B. (2011). Foundation of IT Service Management with ITIL 2011. USA: ITILYaBrady.
- Rinjani, Muhammad Angga. (2013). Implementasi Problem Management berdasarkan framework ITIL versi 3 (studi kasus BISKOM UAD). Skripsi, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta http://www.itil-officialsite.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar